Membuat Website 10 cara mudah membuat website untuk jualan sukses

Published on March 18th, 2019 | by Martin Chandra

0

10 Cara Mudah Membuat Website Untuk Jualan Sukses

Kalau zaman dulu, berjualan berarti membuka lapak di toko. Kalau zaman sekarang, siapa saja bisa berjualan dengan membuka toko atau kantor online dengan memanfaatkan website! Akan tetapi, membuat website sebenarnya bukan sekadar urusan utak-atik kode atau script, membeli domain dan hosting, mengisi website dengan foto dan konten lainnya untuk berjualan, lalu pembeli akan langsung berdatangan ke website.

Kalau begitu, bagaimana sebenarnya cara membuat website? Pada dasarnya, Pebisnis Online perlu mempertimbangkan hal-hal yang ada “di balik layar” juga. Nah, supaya tidak kebingungan, yuk baca 10 cara mudah membuat website untuk jualan online yang sukses! Semoga bermanfaat, ya!

Cara Membuat Website untuk Jualan Sukses

1. Desain Website Yang Responsif

Ketika Pebisnis Online membuat website, baik itu membuat sendiri atau dengan menggunakan jasa pembuatan website, cara pertama yang perlu diperhatikan adalah untuk mendesain sebuah website yang responsif. Maksudnya, ukuran halaman website nanti akan secara otomatis langsung menyesuaikan ukuran layar perangkat yang digunakan – desktop, laptop, tablet, maupun smartphone.

Mengapa? Karena dengan begitu pengunjung bisa dengan mudah dan nyaman menjelajahi website Anda kapan saja dan di mana saja, tak peduli apa perangkat yang digunakan untuk mengakses. Sebab, coba bayangkan repotnya kalau harus mengakses website yang bisa dinikmati dengan jelas dari desktop atau laptop lewat tablet maupun smartphone yang ukurannya lebih kecil. Apalagi, mobile dan tablet browsing saat ini sudah melampaui desktop browsing, lho! Karena itu, desain website responside sifatnya adalah wajib untuk Pebisnis Online.

2. Branding

Tampilan yang menarik saja tidak cukup, lho! Website Pebisnis Online pun perlu memiliki penampilan yang khas dan konsisten, terutama untuk logo, pemilihan jenis font, warna, serta bahasa. Sebab, hal ini merupakan bagian dari strategi branding untuk menunjukkan dan memperkuat identitas brand yang Pebisnis Online usung. Dengan konsistensi inilah maka website Pebisnis Online manapun tak akan kalah saing walaupun ketika harus dibandingkan dengan website perusahaan besar sekalipun.

3. Pemilihan Foto Yang Cermat, Tidak Asal-Asalan

Salah satu konten yang perlu ditambahkan ke dalam website milik Pebisnis Online manapun adalah foto, termasuk foto non-produk. Dengan begitu, tampilan website pun akan semakin menarik dan sempurna. Karena itulah foto yang digunakan janganlah yang dipilih secara asal-asalan. Sebab, foto yang menarik terbukti mampu meningkatkan angka konversi penjualan lewat website, lho! Dan sekali lagi, foto yang dipilih juga harus sesuai dengan identitas brand yang ditunjukkan lewat strategi branding tersebut.

Sebaiknya, foto yang digunakan dalam website adalah foto yang diambil sendiri agar unik dan memperkecil risiko foto yang sama digunakan di website Pebisnis Online lain dengan brand yang pastinya berbeda. Akan tetapi, jika cara tersebut tidak memungkinkan karena berbagai faktor tertentu, seperti biaya, Pebisnis Online bisa pilih untuk membeli dan menggunakan foto-foto premium yang dijual di internet. Karena foto-foto tersebut tidak gratis, kemungkinan jumlah penggunanya juga tidak banyak, kok. Sekali lagi, ingat untuk memilih foto yang sesuai dengan identitas brand, ya!

4. Pengaturan Navigasi Yang Cermat Dan Intuitif

Kemudahan penggunaan navigasi sebuah website pun merupakan salah satu faktor penting dalam pembuatan sebuah website. Sebab, hal ini sangat memengaruhi berapa lama seorang pengunjung akan betah menjelajahi website Pebinsnis Online, terutama untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang produk. Dengan begitu, kemungkinan konversi penjualannya pun semakin tinggi.

Langkah yang satu ini penting karena beberapa alasan, seperti:

  • Ada jenis pembeli yang suka mencari informasi terlebih dahulu dari berbagai website atau sumber, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang. Biasanya, jenis ini tidak terlalu mementingkan navigasi sebuah website karena mengutamakan ketersediaan barang dan timing-nya.
  • Ada jenis pembeli yang langsung mencari atau menuju toko – online maupun offline – yang dicari sejak awal untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Untuk mempermudah pembeli kategori ini, dibuatlah navigasi yang mengarah langsung ke halaman produk terkait.
  • Ada jenis pembeli yang paling tertarik dengan tampilan atau display yang mencolok, seperti tawaran promo, baik itu di toko online atau offline. Nah, untuk website Pebisnis Online, promo seperti itu perlu jadi bagian dari desain navigasi.

5. Informasi Kontak Yang Jelas

Penting bagi para Pebisnis Online untuk mencantumkan informasi kontak yang jelas di website agar para pengunjung bisa menghubungi mereka untuk informasi lebih lanjut. Cara ini sangat penting demi menciptakan kesan bahwa bisnis yang dijalankan transparan, terpercaya, dan ramah pengguna (user friendly). Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya transaksi yang dibatalkan atau dibiarkan saja di dalam keranjang belanja (shopping card) begitu pengunjung sadar bahwa tidak ada informasi kontak yang jelas di website tersebut.

6. Headline Yang Persuasif

Langkah penting lainnya dalam pembuatan sebuah website Pebisnis Online untuk sukses berjualan adalah pemilihan kata-kata untuk headline yang ada di setiap halaman. Tentunya, headline tersebut haruslah menarik dan mampu membujuk pengunjung agar mau datang dan akhirnya melakukan transaksi lewat website. Apalagi, sudah ada banyak split test yang menunjukkan pengaruh besar headline terhadap konversi penjualan sebuah website.

Jangan cemas, karena menulis sebuah headline yang persuasif adalah kemampuan yang bisa dilatih, kok! Selain itu, mengganti headline di website juga tidak sulit, karena pengetahuan HTML dasar saja sudah cukup.

7. Peletakan Informasi Yang Paling Penting

Agar pengunjung tidak merasa buang-buang waktu ketika mengakses sebuah website, pastikan informasi paling penting diletakkan di lokasi yang strategis. Idealnya, penempatannya ada di above the fold, alias ruang paling atas dalam sebuah website yang bisa langsung dilihat tanpa harus digulirkan alias di-scroll terlebih dahulu. Dengan begitu, informasi tersebut akan jadi hal pertama yang pengunjung lihat begitu ia membuka website. Nah, Pebisnis Online bisa manfaatkan strategi ini untuk menempatkan produk utama atau terlaris di area above the fold ini.

8. Promosi Konten

Semua web marketer tahu bahwa konten yang dibagikan menjadi faktor penting pendorong terjadinya transaksi. Karena itu, penting untuk merencanakan konten website dengan cermat agar isinya berkualitas. Dengan begitu, kalaupun pengunjung belum akan melakukan transaksi lewat website, setidaknya mereka akan memiliki kesan baik terhadap website Pebisnis Online yang bisa menumbuhkan rasa percaya. Hal ini pun memperbesar kemungkinan bahwa pengunjung akan kembali lagi untuk melakukan pembelian di kemudian hari.

9. Call To Action Yang Kuat

Call to action alias CTA merupakan teks maupun desain yang “memerintahkan” pengunjung untuk melakukan langkah tertentu di sebuah website. Contohnya “pesan sekarang”, “telepon sekarang”, atau “berlangganan sekarang”. Keberadaan CTA ini bisa meningkatkan interaksi pengunjung website, sehingga peletakan dan bahkan pemilihan warnanya harus menonjol agar bisa meningkatkan klik.

10. Jaminan Kepercayaan

Untuk meningkatkan rasa percaya pengunjung terhadap brand yang Pebisnis Online jual dari website, sebuah jaminan harus diberikan. Di sini, Pebisnis Online bisa gunakan testimoni pelanggan, sertifikat yang sudah diperoleh, atau penghargaan yang diraih. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa produk Pebisnis Online tersebut 100% terpercaya dan kredibel. 


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑