Email Marketing 15 hal yang tidak semua orang tahu tentang email marketing

Published on April 9th, 2019 | by Martin Chandra

0

15 Hal Yang Tidak Semua Orang Tahu Tentang Email Marketing

Halo Pebisnis Online, sudahkah menerapkan email marketing dalam bisnis online di Indonesia? Metode ini mungkin ada yang menganggapnya ketinggalan jaman. Tren praktik bisnis di internet dewasa ini cenderung mengandalkan website dan sejumlah media sosial populer contohnya Instagram. Sebenarnya ada 15 hal yang tidak semua orang mengetahui tentang email marketing, dan bahkan sampai hari ini tak banyak yang memaksimalkan metode tersebut.

1. Multiple Marketing

Masih banyak orang yang ternyata belum memahami apa yang sebenarnya dimaksud sebagai email marketing. Bila merujuk pada definisi harfiahnya, email marketing memang sebuah teknik pemasaran yang menggunakan email sebagai mediumnya. Namun metode ini tidaklah dilakukan secara manual. Ya, akan sangat merepotkan jika harus mengirim email satu per satu ke berbagai alamat berbeda. Pada dasarnya, email marketing diterapkan dengan konsep multiple marketing. Bagaimana itu?

Saat Pebisnis Online menggunakan email marketing, satu buah email itu dapat dikirimkan ke lebih dari satu alamat penerima dan bahkan bisa mencapai 10.000 dalam sekali pengiriman. Caranya tentu saja tidak manual karena sudah jelas bakal membikin tangan dan mata kecapekan, selain itu tidak efektif dalam praktik bisnis.

Metode pengiriman multiple email marketing ini diterapkan dengan pemakaian sejumlah layanan seperti:

  • Kirim Email
  • Vio Sender
  • Aweber
  • GetResponse
  • Infusionsoft
  • ConvertKit

2. Lead Magnet

Lead magnet dalam metode email marketing merupakan sebuah teknik khusus demi memikat para pengunjung untuk ikut berlangganan. Apa yang ditawarkan itu gratis dengan tujuan menembus jumlah pelanggan yang memang menemukan apa yang mereka butuhkan dari teknik lead magnet itu.

Biasanya, yang ditawarkan dalam teknik lead magnet adalah ebook gratis. Selain ebook, tawaran-tawaran gratisan lainnya berupa template, kursus online, hingga video tutorial gratis yang diberikan secara bertahap. Cara ini cukup jitu karena mengandalkan sifatnya yang eksklusif dan langsung menuju ke pihak alamat email penerima.

3. Menjaring Pelanggan Setia

Dalam metode email marketing ada fitur yang biasanya disebut sebagai Optin. Fitur ini berfungsi menjaring jumlah pelanggan setiap. Teknisnya, Optin merupakan sebuah fitur yang berupa form berlangganan yang di dalamnya memuat keterangan nama, email, dan rincian lainnya.

Fitur Optin ini sekaligus menunjukkan keseriusan pihak yang mengisinya. Pasalnya, form ini hanya dapat diisi sekali dari email yang dipakai dan tidak dapat dipakai untuk mendaftar lagi. Penerima email yang menggunakan fitur langganan ini otomatis masuk sebagai salah satu target marketing potensial.

4. Promosi Otomatis Dengan Autoresponder

Fitur autoresponder akan mengirimkan email secara otomatis sesuai jadwal yang diatur. Anda dapat mengaturnya sendiri sesuai jam produktif membuat konsep dan konten email, kemudian mengaturnya supaya terkirim di jadwal yang diinginkan. Cara yang tentu meringankan waktu dan tenaga pihak pengirim email.

Autoresponder bisa dimanfaatkan juga untuk melakukan teknik promosi secara otomatis. Di dalam konten email yang telah disiapkan itu dapat disematkan produk yang hendak dipromosikan. Pengaturan yang tepat sesuai jadwal akan memudahkan cara promosi yang ideal hanya menggunakan metode email marketing.

5. Memudahkan Analisis Rate Market Target dan Pelanggan Bisnis

Sudah seharusnya praktik bisnis online ditunjang oleh perangkat analisis yang cermat dan relevan. Mungkin Sobat Pebisnis Online lumayan sering menemukan teknik-teknik khusus yang konon dapat mendongkrak angka penjualan. Namun tanpa adanya evaluasi dari analisis, mustahil mencapai target bisnis yang diharapkan.

Nah, teknik email marketing memungkinkan kita memakai bahan-bahan penting dari open rate dan click rate. Berdasarkan dua catatan itu dapat dianalisis seberapa sering pelanggan membuka email dan menggunakan tautan yang disematkan dalam konten email marketing.

6. Pemetaan dan Pengelompokan Target Pasar

Promosi dan pemasaran tidak dapat dilakukan membabi buta. Harus ada konsep yang jelas, mulai dari pemetaan hingga pengelompokan target pasar. Inilah salah satu fungsi utama email marketing yang akan memudahkan segmentasi pelanggan. Sobat Pebisnis Online bisa menguatkan relevansi email, meningkatkan open rate, dan pastinya meningkatkan angka penjualan.

7. Optimalisasi Konten

Konten promosi bisa dioptimalisasi dari email marketing. Sebagai sebuah pesan yang dikirimkan langsung ke target pasar, pihak penerima dapat mengakses setiap informasi yang penting dan relevan terkait produk yang ia butuhkan.

8. Personalisasi Email

Keunikan sekaligus yang menjadikan istimewa dari email marketing ialah kemasannya yang bisa kita personalisasi. Jadi, pesan yang dikirimkan ke alamat itu dapat disampaikan dalam gaya ramah, bersahabat, kaku, dan seolah ditulis dan dibaca oleh teman lama. Personalisasi bahasa dan konsep email inilah yang diakui sangat efektif menembus target pemasaran.

9. Tepat Sasaran

Dipastikan dengan pemakaian email marketing, tujuan pemasaran langsung tepat sasaran. Setiap data alamat email penerima yang valid dalam waktu bersamaan menerima email yang sudah dipersiapkan.

10. Mudah dan Cepat Dipelajari

Sewaktu kemunculannya pertama kali, banyak orang yang berminat sekaligus menganggapnya sebagai metode yang sulit. Kenyataannya, kebanyakan malah belum pernah mencoba sendiri metode email marketing untuk bisnis ini. Dan sekali Anda mencobanya, caranya sangat mudah dan cepat sekali untuk dipelajari.

11. Kredibilitas

Praktik bisnis online yang profesional diakui berdasarkan reputasi yang salah satunya dari tampilan dan cara promosi. Nah, promosi dengan email marketing sudah mengindikasikan satu faktor kredibilitas. Artinya, usaha yang Anda lakukan dengan cara promosi email marketing ini tidaklah sembarangan.

12. Tidak Ada Batasan Karakter Konten Email

Sangat berbeda dengan konten di akun-akun media sosial apalagi kebutuhan menulis caption yang terbatas. Dengan memakai email, tidak ada pembatasan karakter huruf. Dan hal ini menjadi nilai plus untuk penerapan promosi memakai email marketing.

13. Mobile 24 Jam

Faktanya banyak yang ternyata kurang tahu keunggulan yang satu ini. Disadari atau tidak, email adalah sarana yang langsung terkirim begitu dilakukan dan masuk ke dalam kotak email meskipun ada masalah koneksi jaringan. Jadi, berbeda dengan promosi via akun media sosial yang masih sering terkendala masalah jaringan atau server.

14. Makin Canggih dan Fleksibel

Selalu ada penyesuaian dengan jaman yang juga berkembang. Tren bisnis online yang makin sering menempati porsi utama aktivitas para penggunanya di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Dulu, di awal kemunculan email marketing, konsep dan tampilannya memang nampak lebih sederhana karena kita melihatnya di masa sekarang. Tapi sekarang semua sudah disesuaikan baik dari fitur, aksesibilitas, dan berbagai keunggulan lainnya.

15. Email Masih Nomor Satu

Tahukah Sobat Pebisnis Online bahwa sampai hari ini ternyata 94 persen pengguna internet setia memakai email. Sementara itu, hanya sebesar 61 persen yang cuma mengandalkan pemakaian akun media sosial. Dan dari 75 persen yang lain mengakui bahwa email merupakan satu-satunya alat komunikasi yang “serius” dalam artian untuk berbagai kebutuhan penting seperti pekerjaan dan lainnya.

Demikianlah 15 hal yang tidak semua orang mengetahui tentang email marketing. Bagaimanapun juga, metode ini ternyata masih sangat efektif untuk mendongkrak nilai penjualan dari teknik promosi yang tepat.


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑