Affiliate Marketing affiliate marketing ekspektasi vs realita

Published on May 6th, 2019 | by Martin Chandra

0

Affiliate Marketing : Ekspektasi vs Realita

Bagi para Pebisnis Online yang telah lama bergelut dalam bidang ini, tentu tak asing lagi dengan istilah affiliate marketing. Namun, ternyata masih banyak di antara Anda yang tak terlalu paham mengenai konsep dasar model pemasaran ini dan berujung gagal atau mengalami kerugian. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai affiliate marketing, mulai dari pengertian, cara kerja hingga ekspektasi vs realita yang sering terjadi di dalamnya :

Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing

Secara singkat, affiliate marketing dapat diartikan sebagai sebuah program yang cukup efektif digunakan untuk mendapatkan penghasilan yang besar dalam waktu singkat dengan memanfaatkan internet. Adanya program afiliasi ini memungkinkan semua orang bahkan Anda yang merupakan pemula untuk dapat bergabung di dalamnya. Di dalam model pemasaran ini, Anda setidaknya harus mengetahui beberapa hal, di antaranya adalah istilah affiliate atau afiliasi marketer. Istilah ini merujuk pada orang yang bergabung dalam sistem affiliate marketing dan menghasilkan uang dengan menggunakan sistem ini. Sementara sebutan untuk program afiliasi di pasaran cukup beragam, mulai dari program afiliasi, program mitra hingga program asosiasi, yang semuanya memiliki sistem kerja yang pada intinya sama.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Lalu bagaimana cara kerja dalam dunia affiliate marketing ini? Pebisnis Online yang tertarik mendalami program pemasaran ini, tentu perlu memiliki pemahaman yang cukup terkait cara kerjanya agar dapat bekerja dengan maksimal dan tepat sasaran sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang besar. Dalam pemasaran dengan cara afiliasi ini, Anda juga perlu mengenal tentang link afiliasi. Link ini biasanya telah disediakan oleh pemilik barang. Cara kerja dari link afiliasi ini adalah dalam usaha mempromosikan produk yang bersangkutan, Anda perlu menggunakan link afiliasi khusus yang telah Anda dapat dari penyedia produk tempat Anda berafiliasi. Selanjutnya, saat ada orang yang tertarik untuk membeli produk yang Anda promosikan melalui link tadi, dari situlah nantinya Anda akan mendapatkan komisi. Komisi yang diberikan oleh affiliate merchant atau perusahaan pemilik barang ini pun cukup beragam, mulai dari 20% – 70% tergantung dari perusahaan dan produk yang berhasil Anda jual.

Ekspektasi vs Realita Dalam Dunia Affiliate Marketing

Dari penjelasan di atas, mungkin banyak di antara Pebisnis Online yang beranggapan program affiliate marketing ini menjadi salah satu cara mudah dan menjanjikan untuk meraup keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Namun jangan salah, meski tampak mudah, Anda tidak bisa main – main saat terjun di dalamnya. Anda perlu untuk mengetahui secara detil setiap konsep dan mengenal dengan baik produk dan cara pemasaran yang tepat agar dapat sukses dan mendapat penghasilan dari bisnis afiliasi ini. Sebagai bahan pembelajaran, berikut adalah beberapa ekspektasi vs realita yang sering terjadi dalam dunia affiliate marketing :

1. Menganut Konsep Hard Sell

Banyak di antara Pebisnis Online yang menerapkan konsep hard sell saat memasarkan produk melalui program affiliate marketing, dengan harapan produk dapat terjual lebih banyak seiring dengan semakin seringnya Anda memperkenalkan dan promosi terkait produk tersebut. Ada beberapa di antara Anda mungkin membuat konten pada website yang terlalu frontal dalam menawarkan produk sehingga terkesan dipaksakan dengan membuat link “Silahkan Beli” atau Beli Sekarang”. Padahal realitanya, calon pembeli justru seringkali mengurungkan niat membeli produk yang terkesan terlalu memaksa (hard sell). Dibandingkan dengan menganut konsep ini, akan lebih baik bila Anda mulai memperkenalkan produk dengan perlahan sambil membangun kedekatan dengan calon pembeli. Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang mengedukasi pembaca, namun tetap berhubungan dengan produk yang Anda pasarkan.

2. Mengikuti Program Affiliate Marketing Yang Lain

Saat mulai terjun dalam bidang ini, banyak Pebisnis Online yang akhirnya memilih untuk mengikuti banyak program affiliate marketing yang lain. Ekspektasinya tentu saja agar dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dari banyaknya produk yang dipromosikan. Namun, meski tidak ada larangan terkait kepesertaan program yang banyak, realitanya bila Anda terlalu banyak mengikuti program afiliasi di banyak merchant berbeda, Anda tidak dapat fokus dan hal ini justru dapat mendatangkan kerugian bagi Anda karena perhatian Anda terpecah dalam banyak hal. Akan lebih baik bila Pebisnis Online memilih berfokus pada salah satu program afiliasi pemasaran yang diikuti saat ini. Bila Anda tekun dan konsisten, hal ini akan mendatangkan keuntungan lebih bagi Anda dari meningkatnya pembelian dari waktu ke waktu.

3. Mengikuti Program Affiliate Marketing Dengan Iming – Iming Komisi Tinggi

Di era modern seperti sekarang ini, bisnis online termasuk program affiliate marketing menjadi salah satu yang cukup ramai dilakukan. Banyaknya perusahaan yang mulai melirik bidang ini tentu membuat persaingan semakin ketat. Banyak Pebisnis Online yang akhirnya salah memilih program afiliasi karena hanya berpatokan dari iming – iming komisi tinggi yang dapat membuat penghasilan meningkat tanpa mencari tahu lebih lanjut. Hal ini tentu dapat menjadi kesalahan fatal. Realitanya, tak jarang program afiliate marketing dengan iming – iming komisi tinggi ini seringkali memiliki peraturan berat yang membuat Anda yang bergabung di dalamnya mengalami kesulitan dan berakhir dengan kegagalan.

Akan lebih baik bila Anda memilih untuk melakukan riset dan mencari tahu lebih dalam terkait program afiliasi yang ditawarkan kepada Anda sebelum menjatuhkan pilihan. Saat Anda telah benar – benar yakin dan mantap, baru Anda dapat mengambil keputusan untuk bergabung. Dengan gabung pada program afiliate marketing yang telah Anda pelajari dengan baik sebelumnya, tentu nantinya akan lebih mudah bagi Anda dalam menjalankannya dan program afiliasi yang menarik dan sesuai minat tentunya dapat membuat Anda bekerja dengan penuh semangat dan totalitas.

4. Mudah Bergabung Dengan Affiliate Marketing Baru

Banyak Pebisnis Online yang memilih bergabung dengan affiliate marketing baru yang lain agar dapat mengembangkan pemasaran dan memperoleh komisi yang lebih banyak dari keragaman produk yang ditawarkan. Namun hal ini tak sepenuhnya benar. Bahkan tak sedikit di antara para pebisnis dalam program ini yang akhirnya gagal. Meski tampak mudah, namun program afiliate marketing ini sebenarnya cukup sulit dan memerlukan konsentrasi penuh untuk pengembangannya. Bila Anda mudah bergabung dengan afiliasi yang baru yang menawarkan banyak bonus mau pun fitur yang lain, bukan tidak mungkin justru dapat membuat program afiliasi Anda terdahulu menjadi terbengkalai dan tidak lagi produktif.

Banyaknya paparan ekspektasi vs realita mengenai affliliate marketing di atas tentu dapat menjadi salah satu informasi penting dan menjadi pertimbangan bagi Pebisnis Online pemula yang berniat untuk terjun dan memulai usaha di bidang ini sehingga dapat menjadi pembelajaran untuk pengembangan bisnis yang tepat sehingga tidak mengalami kegagalan saat nanti menjalankannya.


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑