Affiliate Marketing bisnis afiliasi marketing

Published on June 3rd, 2019 | by Martin Chandra

0

Cara Bisnis Afiliasi Marketing Untung Jangka Panjang

Bagaimana cara bisnis afiliasi marketing yang berpotensi mendapatkan keuntungan jangka panjang? Apakah anda tahu bahwa afiliasi marketing lebih cenderung tidak bisa dilakukan untuk jangka panjang. Biasanya, bisnis afiliasi marketing mengandalkan produk yang sedang hot atau produk lauching. Hal ini memang disarankan oleh banyak mentor afiliasi marketer yang sudah sukses. Dengan memilih produk yang tepat, si marketer bisa meraup keuntungan banyak dalam waktu dekat. Kegiatan seperti ini biasanya berlaku di pasar luar negeri. Dengan mengandalkan iklan online, para marketer akan mendapatkan keuntungan. Di luar negeri, penjualan produk dengan teknik iklan jauh lebih mudah. biasanya produk digital yang mudah laku terjual. Namun masalahnya, penghasilan seperti ini tidak bisa bertahan lama. Cara yang terbaik adalah melakukan pembangunan bisnis afiliasi marketing. Baca artikel affiliate marketing ekspektasi vs realita ini untuk informasi lebih lanjut mengenai affiliate marketing.

Apakah sama dengan aktifitas para marketer dalam berjualan produk dari program affiliasi dengan pembangunan bisnis afiliasi marketing? Tentunya, berbeda. Menjadi affiliasi marketer bisa dengan cara teknik berjualan. Biasanya, mereka cukup membuat halaman penawaran saja untuk kebutuhan periklanan di Google. Google Ads memang efektif dalam mempecepat penjualan produk affiliate tingkat global. Itulah teknik berjualan afiliate marketer. Fokusnya produk baru yang lagi host, hits. Berbeda dengan melakukan pembangunan bisnis afiliasi marketing. Mereka berfokus membangun mesin kunjungan untuk penjualan produk affiliate. Biasanya, mesin itu dibangun dengan: blog, autoresponder, membangun link building SEO dan juga membangun konten nich. Pembangunan bisnis afiliasi marketing jauh lebih lama. Biasanya, produk yang dijual adalah produk yang sudah terbukti terbeli dalam jangka panjang.

Pembangunan bisnis afiliasi marketing jauh lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Tetapi, anda harus bersabar menunggu keuntungan. Modal awal pun tidak sedikit. Tentunya, ini sebagai upaya membangun bisnis afiliasi marketing yang untuk dalam waktu jangka panjang. Bagaimana prosesnya? Berikut penjelasannya.

1. Memilih Produk Afiliasi Digital Di Situs Marketplace

Salah satu situs marketplace andalan para afiliasi marketer dunia adalah situs marketplace Clickbank. Banyak para afiliasi marketer yang sudah merasakan sukses besar mengandalkan situs marketplace. Di samping banyak pilihan produk digital, kualitas produk pun terjamin terjaga kualitasnya. Hal terpenting, Clickbank memiliki tools analisis produk yaitu lewat Cbengine. Sampai sekarang, masih banyak para blogger yang membahas program bisnis afiliasi marketing di situs ini. Jadi, anda harus memilih situs Clickbank bila mau berjualan produk digital yang diharapkan untung jangka panjang.

Mengapa mengandalkan produk digital? Tentunya, alasan simpel adalah produk bisa dijual di negara mana saja. Berbeda dengan produk fisik di Amazon, penjualan membutuhkan pengiriman produk. Bagaimana bila pengiriman produk untuk negara lain? Produk digital tidak membutuhkan jasa pengiriman. Tentunya, banyak alasan-alasan lain, salah satu yang lainnya yaitu bisa digabungkan dengan bisnis adsense.

Apakah bisa mengandalkan program bisnis afiliasi marketing yang berasal dari situs pribadi, yang tidak ada kaitannya dengan situs marketplace? Hal ini bisa dilakukan, tetapi, tidak ada variasi produk yang bebas untuk dipilih.

2. Membangun Media Marketing Online Dengan 2 Langkah

Menjual produk Clickbank berlaku “satu transaksi”. Bagaimana mau melakukan transaksi berkali-kali bila produk yang dijual berupa produk digital? Namun menariknya, produk digital atau produk informasi yang bernaung dalam affiliate keuntungannya besar. Lagi pula, para pembeli tidak mungkin membeli di tempat yang sama, artinya berlangganan, ketika sudah tahu situs utamanya. Terpenting adalah bagaimana tingkat konversi dari kunjungan menjadi pembelian. Teknik konversi briian inilah yang diajarkan para marketer yang bergelut dalam program bisnis afiliasi marketing. Walaupun sekali transaksi, tetapi bila mendapatkan ribuan kunjungan dalam sehari, ini sudah menjadi ladang kesuksesan tersendiri. Maka dari itu, konversi brilian harus didukung dengan beberapa media marketing online untuk kesuksesan bisnis afiliasi marketing.

Berikut 2 langkah membuat media marketing online untuk menghasilkan konversi yang bagus yakni cepat mendapatkan penjualan.

A. Membangun Blog Bisnis Afiliasi Marketing Online

Blog afiliasi marketing adalah blog yang memang secara khusus untuk kepentingan bisnis afiliasi marketing. Tentunya, anda harus memikirkan korelasi pembahasan dengan produk yang dijual. Di sinilah ada sebuah niche marketing dalam blog. Menurut pengalaman beberapa marketer, blog fokus niche jauh lebih tinggi tingkat penjualan produknya daripada yang tidak fokus niche. Bahkan, rata-rata, pebisnis online lebih tertarik pada blog niche. Jadi, blog affiliasi marketing berhubungan erat dengan niche market sebagai pembahasannya.

Misal, anda mau menjual produk acne. Maka alangkah baiknya bila menarget tema acne. Tema alias topik acne pun harus tidak mewakili produk tertentu dengan tujuan agar produk lauching affiliasi marketing bertema acne masih bisa diterima di dalam blog niche yang sudah dibuat. Inilah yang membedakan teknik iklan afiliasi marketing dengan teknik blog afiliasi marketing.

Hal penting yang perlu ditanamkan otak adalah: buatlah blog tribe yakni blog yang memiliki penggemarnya sendiri. Biasanya, informasinya memiliki dua jenis: berita atau how-to. Langkah ini sebagai upaya bisnis afiliasi marketing yang berpotensi untung jangka panjang.

Karena anda menarget pasar luar neger, anda membutuhkan jaringan blog (untuk link building offpage SEO) yang banyak sampai membuahkan kemenangan di mesin pencari. Karena anda berfokus pada long tail keyword pada niche tertentu, anda bisa terhindari dari pesaingan yang kuat di pasar luar negeri.

B. Gunakan Autorespoder

Di pasar luar negeri, layanan autoresponder sepertinya masih diminati banyak orang. Jadi, anda harus memanfaatkan layanan autoresponder untuk melakukan strategi penjualan lewat email. Ketika jumlah pelanggan sudah ada 1000, ini sudah keuntungan tersendiri. Keuntungannya, anda bisa berjualan berkali-kali dalam waktu cepat lewat pelanggan anda. Apalagi, anda membangun blog tribe, maka autoresponder jauh lebih dibutuhkan untuk melayani informasi terbaru yang bersifat “faktual”.

Masalahnya, kapan anda membutuhkan layanan autoresponder agar tidak merugi? Hal yang perlu anda ketahui adalah mengandalkan layanan autoresponder bisa menghabiskan uang tiap bulannya. Maka dari itu, anda bisa mengandalkan layanan ini untuk bisnis afiliasi marketing ketika blog sudah memiliki kunjungan melimpah. Memang, anda bisa beriklan untuk menjaring para pelanggan newsletter. Tetapi, anda membuat blog bisnis afiliasi marketing untuk apa? Tentunya, pikirkan kesuksesan blog terlebih dahulu.

Dua media marketing online di atas, bila diurus serius, akan menghasilkan kesuksesan besar dalam bisnis afiliasi marketing. Tentunya, dua media marketieng online di atas sudah cukup. Hanya saja, anda perlu strategi konversi menggunakan dua media di atas.

Berikut startegi konversi produk bisnis afiliate marketing:

  1. Bangun artikel marketing yang berfokus pada produk afiliasi
  2. Sediakan strategi produk gratis (bisa produk plr) agar mereka mau berlangganan newsellter
  3. Update email marketing secara serius agar para pelanggan men-share ke teman mereka
  4. Jangan lupa selalu cantumkan signatur dalam email marketing
  5. Pahami produk yang anda jual, baik isi dan keterkaitan dengan produk lain
  6. Berikan bonus pembelian bila anda mampu mengurusinya

Ada banyak strategi konversi. Namun, sepertinya langkah di atas sudah dianggap cepat dalam menghasilkan penjualan dalam keuntungan jangka panjang.

3. Menghadirkan Produk Bisnis Afiliasi Terbaru

Dalam hal ini, anda bisa menghadirkan produk buatan anda sendiri atau mengandalkan produk orang lain yang masih relevan dan tidak bertentangan dengan produk sebelumnya. Jangan menjual produk dengan tema yang sama namun bertentangan fungsi atau fungsingnya sama. Di sinilah anda harus mengerti bahasa inggris agar tahu maksud produk-produk yang dijual. Bila anda menjual panduan tenis, anda bisa menghadirkan produk lain yaitu cara pijet akibat tangan tergelincir akibat tenis. Pada intinya, setiap menghadirkan produk terbaru, baik buatan sendiri atau produk orang lain, harus memperhatikan relevansinya. Tujuanya, agar mara pelanggan newsletter tidak kecewa dengan informasi yang anda berikan.

Itulah salah satu cara bagaimana menghasilkan banyak penjualan dan untung jangka panjang dalam bisnis afiliasi marketing.


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑