Email Marketing tips marketing strategi email marketing hemat biaya

Published on May 20th, 2019 | by Martin Chandra

0

Tips Marketing Strategi Email Yang Hemat Biaya

Apa sih maksud marketing strategi email untuk kepentingan bisnis online? Maksudnya adalah marketing yang mengandalkan strategi email dalam hal penawaran produk dan lainnya. Dengan mengandalkan email, si pemilik bisnis bisa melakukan penawaran ke banyak pelangggan. Tentunya, cara marketing strategi email harus dilakukan dengan benar. Email hanya media. Marketing lebih bersifat umum yang menyangkut aturan-aturan marketingnya. Ketika melakukan kegiatan marketing strategi email, diharapkan email yang dikirim mendapatkan sesuatu yang ditargetkan, biasanya pelanggan newsletter dan keuntungan.

Rata-rata, marketing strategi email mengandalkan alat autoresponder yang rata-rata disewakan. Memang, lebih baik anda menyewa autorespnder bila hanya untuk sedikit kepentingan bisnis. Hal ini yang akan menentukan, apakah anda menghemat biaya sewa atau tidak. Bergantung marketing strategi email yang anda gunakan, apakah menguntungkan atau malah merugikan.

Lalu bagaimana cara marketing strategi email yang menghemat biaya? Tentunya, ini berhubungan dengan keuntungan yang akan didapatkan dengan marketing strategi email.

  1. Menentukan Target Keuntungan Bisnis

Sebaiknya, anda jangan membangun marketing strategi email terlebih dahulu dengan sengaja meniatkan untuk mendapatkan pelanggan newsletter. Tentukan terlebih dahulu target keuntungan bisnis. Dalam hal ini, anda sudah memiliki bisnis online tersendiri. Masalahnya, anda berhubungan dengan biaya sewa autoresponder. Bagaimana bila tidak ada target keuntungan bisnis di saat memiliki puluhan ribu pelanggan newsletter? Kalau berniat berbagi informasi semata, ini tidak masalah. Masalahnya, anda mengharapkan keuntungan dan tidak mau rugi.

Lebih penting lagi dalam mengandalkan marketing strategi email adalah keunggulan produk. Keunggulan produk menyangkut masalah keunikan juga. Bila produk anda sudah dikeluarkan perusahaan lain, marketing strategi email alias lewat newsletter tidak ada gunanya. Lebih baik, anda menggunakan teknik SEO. Karena mengandalkan marketing strategi email, keunggulan produk harus diperhatikan. Bila tidak unggul dari produk lain, anda bisa menghentikan melakukan marketing strategi email.

Alangkah baiknya, produk atau jasa lebih bersifat berlangganan atau membership. Artinya, ada bagian-bagian tersendiri untuk mendapatkan penghasilan berjenjang. Atau, anda bisa bekerjasama dengan para pemilik produk/jasa yang relevan dan mendukung produk anda. Ini cara efektif memanfaatkan marketing strategi email.

  • Menjaring Pelanggan Newsletter dengan Iklan

Menyewa autoresponder untuk marketing strategi lewat email berarti anda sudah siap untuk begerak cepat. Dengan mengandalkan iklan lewat Google Ads atau Facebook Ads, anda sudah berada dalam jalur periklanan yang benar dalam memaksimalkan hasil. Dengan mengandalkan media kedua itu, anda mementingkan percepatan mendapatkan hasil dari iklan. Tidak sampai menunggu lebih dari seminggu, bisa mendapatkan banyak pelanggan newsletter. Jelas, marketing strategi lewat email yang jauh lebih menghemat biaya. Dari percepatan ini, anda akan mendapatkan banyak pembeli/pelanggan produk/jasa dalam waktu cepat. Setidaknya, keuntungan bisa menutupi biaya sewa autoresponder. Baca artikel 15 hal yang tidak semua orang tahu tentang email marketing untuk belajar tentang email marketing lebih jauh.

Dalam menjaring newsletter, setidaknya anda menenetukan prospek yang tidak terlalu luas. Langkah ini yang akan memuluskan marketing strategi email. Katakanlah,  produk anda seputar “kursus membuat website toko online”. Maka anda bisa mengambil kata kunci “kursus website”, “belajar website”, dan sejenisnya. Anda bisa mengambil banyak kata kunci agar mendapatkan hasil yang banyak dalam waktu cepat.

Tawarkan kursus gratis sebagai uji coba. Ini sebuah marketing strategi email yang bagus untuk diterapkan jika anda menjual produk kursus. Ini bermakna bahwa bonus harus berkaitan dengan produk yang akan memudahkan mendapatkan pelanggan kursus. Dengan memperikan produk gratis, iklan bisnis anda akan efektif.

  • Cara Lain Menjaring Pelanggan Newsletter Yang Jauh Lebih Menghemat Biaya

Marketing strategi email memang membutuhkan biaya dari beberapa sisi. Pertama, anda mengeluarkan modal untuk menyewa domain dan hosting. Mengapa? Tentunya, bila sudah mengandalkan autoresponder harus terkesan profesional yakni tidak menggunakan media web gratisan. Kedua, tentunya, si pemilik bisnis harus menyewa autoresponder yang biayanya bervariasi. Ketiga, autoresponder harus segera mendapatkan banyak pelanggan yaitu dengan cara mengiklankan di media yang terpercaya bisa cepat mendapatkan hasil secara tertarget. Berapa biaya? Tentunya, permodalan sudah menjangkau pebisnis profesional.

Maka dari itu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya iklan. Cukup membangun website profesional dengan homepage tampilan penawaran produk/jasa yang disertai kotak autoresponder. Dengan cara seperti ini, anda hanya membutuhkan jasa backlink SEO yang biayanya tidak lebih dari 1 juta. Bayangkan, anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus: penjualan dan pelanggan nesletter. Memang, cara ini tergolong membutuhkan waktu berbulan-bulan. Tetapi, cara hemat biaya tidak ada yang cepat.

  • Mematangkan Pelanggan Newsletter Tanpa Perlu Jasa Konten Email Marketing

Ini berbantung konsep bisnis online yang anda lakukan. Tetapi, fokus penggunaan marketing strategi email dengan autoresponder adalah mendapatkan pelanggan produk atau jasa. Artinya, ada transaksi antara pelanggan dan pemilik bisnis. Bila seperti ini, anda perlu usaha yang mematangkan pelanggan newsletter untuk menjadi pelanggan produk atau jasa. Pematangan agar mereka menjadi pelanggan produk tidak perlu dibuatkan konten oleh jasa konten email marketing. Anda yang memahami produk atau jasa, anda lah yang menulis. Lagi pula, tahap closing hanya membutuhkan beberapa langkah pemberian informasi untuk digunakan jangka panjang (selagi tidak ada perubahan). Di sinilah anda akan mendapatkan keuntungan hasil membangun marketing strategi email.

Tahap berikutnya, anda bisa mengandalkan jasa konten email marketing untuk melancarkan informasi di email pelanggan. Tentunya, ini bisa informasi yang ada di blog bila memiliki blog. Tetapi, biasanya, marketing strategi email tidak perlu memiliki blog karena newsletter adalah pengganti blog.

  • Ciptakan Produk Baru Yang Akan Meningkatkan Kualitas Para Pelanggan

Anda sudah mendapatkan 1000 pelanggan newsletter. Anda membuang uang untuk mendapatkan itu. Bila sudah mendapatkan keuntungan dari 1000, apakah anda akan membiarkan mereka tanpa transaksi kembali? Atau, apakah anda akan mendambah pelanggan newsletter lagi untuk menambah keuntungan? Kalau sudah bertambah lebih banyak lagi, apakah anda akan membiarkan mereka tanpa transaksi kembali? Jadi, inilah yang harus anda perhatikan. Cara terbaik adalah berkreasi terus dalam menciptakan produk baru. Anda bisa juga bekerjasama dengan pihak terbait yang membantu melengkapi produk atau jasa yang anda jual.

Namun pada intinya, menciptakan produk baru memiliki kepentingan untuk meningkatkan kualitas pelanggan. Ini yang harus dipikirkan. Mungkin anda sedang membuka kursus membuat web PHP. Maka anda bisa menghadirkan kembali kursus yang masih ada hubungannya dengan PHP seperti javascript atau lainnya yang kepentingannya pada pembuatan proyek. Di tahap pengembangan proyek, anda menghadirkan produk terbaru lagi dan seterusnya. Proses penciptaan produk ini semata-mata untuk meningkatkan kualitas pelanggan.

Inilah yang akan anda tawarkan dengan mudah dan cepat pada lebih dari 1000 bahkan 10.000 pelanggan newsletter anda, yang sekaligus pelanggan produk. Cara marketing strategi email seperti inilah yang akan membuahkan keuntungan tanpa biaya promosi terbaru.

Kesimpulan

Menggunakan marketing strategi email membutuhkan perencanaan yang matang. Hal ini berurusan dengan pemerhatian pada pelanggan newsletter seperti halnya pada pelanggan blog. Anda harus memikirkan target ke depan mengenai update produk agar mereka alias para pelanggan terpuaskan akan peningkatan kualitas hidupnya. Dari sini, anda akan menemukan bahwa marketing strategi email memang bisa menghemat biaya ketika anda berhasil memiliki puluhan bahkan ratusan ribu pelanggan newsletter.


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑