Blogging membuat artikel sederhana

Published on December 3rd, 2018 | by Martin Chandra

0

8 Tips Membuat Artikel Sederhana Untuk Blog

Membuat artikel sederhana ialah sebuah kemampuan yang harus di miliki oleh seorang digital marketer. Bahkan semua orang yang mau berbisnis di internet perlu memiliki keahlian ini baik itu blogger, social media expert, dll.

Jika anda bisa membuat artikel sederhana, maka anda punya modal untuk berbisnis di internet. Karena untuk berbisnis di internet, salah satu modal kita adalah content yang menarik. Yuk, simak artikel ini untuk tips selengkapnya.

8 Tips Membuat Artikel Sederhana Untuk Blog

membuat artikel sederhana

Yang perlu diingat ketika membuat artikel sederhana dan menarik adalah bagaimana kita bisa membuat artikel kita menarik untuk di baca manusia dan bisa ditemukan oleh search engine. Dari kedua hal tersebut, saya lebih menitik beratkan pada faktor manusianya. Karena manusialah yang membuat blog kita menjadi ramai, bukan?

Untuk membuat blog kita lebih sering dikunjungi oleh pembaca maka saya ada beberapa tips yang bisa kita lakukan bersama

1. Tentukan tema artikel

Semakin spesifik tema yang kita pilih, semakin baik.

2. Tentukan tujuan artikel

tentukan tujuan artikel

Menulis artikel itu harus ada tujuannya. Tujuannya bisa salah satu poin di bawah ini.

  • Share oleh pembaca di social media.
  • Pembelian produk / servis yang kita tawarkan.
  • Komentar oleh pembaca di blog kita.
  • Link ke postingan kita dari blog lain.

3. Buat judul artikel yang menarik

Judul artikel yang menarik itu bagaimana? Nah, menurut saya judul artikel yang menarik masuk dalam beberapa kriteria di bawah ini.

  • Cara, contoh: “cara menulis artikel tanpa gagal” atau “cara menulis artikel dalam 5 menit”.
  • Daftar, contoh: “5 tips menulis artikel yang menarik” atau “13 tips diet ketika di luar kota”.
  • Bonus, contoh: “Panduan Lengkap untuk menulis artikel menarik” atau “Bingung menulis blog? Ini cara mengatasinya”.

4. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Walaupun kita sudah menentukan siapa pembaca blog kita, kita harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami sebagian besar pembaca. Karena kalau artikel kita menggunakan istilah yang tidak umum dan sulit dimengerti oleh orang banyak, pastinya pembaca blog kita akan berkurang.

5. Membuat artikel sederhana dengan struktur yang sederhana juga

Membuat artikel sederhana dengan struktur yang mudah dipahami

Biasanya artikel sederhana yang saya buat memiliki struktur artikel yang sederhana juga. Biasanya saya bagi menjadi 3 bagian, yaitu pembuka, isi dan penutup.

Bagian pembuka berfungsi memberikan konteks supaya pembaca mau membaca artikel kita selanjutnya. Selain itu, bagian pembuka juga berfungsi untuk memperkuat dan memperjelas janji yang kita berikan pada judul.

Bagian isi ialah bagian yang paling penting. Sebaiknya, bagian isi singkat, jelas dan padat untuk mempertahankan konsentrasi pembaca.

Bagian terakhir ialah penutup. Biasanya penutup berisi kesimpulan dan call to action. Guna call to action ialah untuk meminta pembaca melakukan tujuan dari artikel tersebut. Baca poin 2.

6. Jangan memaksa untuk memasukkan kata kunci

Kata kunci perlu tetap ada dalam artikel kita namun tidak boleh dipaksakan. Karena kalau dipaksakan akan terasa aneh sewaktu di baca oleh manusia. Coba tebak apa yang terjadi kalau pembaca blog kita merasa content kita aneh sewaktu dibaca? Ya, mereka akan tekan tombol back dan ucapkan selamat tinggal pada blog kita.

7. Tambahkan data hasil riset terakhir

Supaya tidak menghabiskan waktu untuk riset, tambahkan data hasil riset setelah artikel kita tulis. Karena riset bisa menghabiskan banyak waktu, jika kita melakukan riset di awal bisa jadi artikelnya tidak kunjung selesai. Ini kesalahan yang sering saya lakukan dulu.

8. Kerjakan artikel anda

Panutan saya, Denny Santoso mengatakan

Done is better than perfect

Jadi kalau artikel kita selesai itu lebih baik dari pada artikel sempurna yang tidak selesai-selesai. Fokus dalam membuat artikel sampai selesai ya.

Nah, teman-teman itulah 8 tips membuat artikel sederhana untuk blog. Silahkan share artikel ini di social media anda jika merasa artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑